Monday, February 1, 2010

Ummi

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki penuh darah penuh nanah
Seperti udara kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas . . . . . . . . . . . .
Ibu . . . . . . . . . . . . . ibu . . . . . . . . . . . . .
Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu
Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu
Lalu do'a-do'a baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas . . . . . . . . . . . . . . .
Ibu . . . . . . . . . . . . . ibu . . . . . . . . . . . . .

Tahukah engkau sobat.. Inilah salah satu lyric lagu idolaku iwan fals,lagu inilah yang membuatku sadar akan perjuangan ibu atau biasa yang aku panggil ummi.Teringat olehku sobat di perantauan ini bagaimana perjuangan ummiku yang berjuang membuka warungnya sejak pagi hingga tengah malam hanya untuk kesuksesanku dan adikku sobat.. ya.. hanya untukku dan adikku.. aku yakin itu.

Ingin aku ceritakan kepadamu sobat tentang ummiku itu,dia hanya lulusan smp itupun smp yang disetarakan dengan sekolah penjahit yang dia geluti.Teringat kembali akan suatu cerita masa kecilku sobat,disaat itu aku menemukan ijazah sekolah penjahitnya lalu aku tanyakan kepada beliau tentang hal itu.Beliau menceritakan panjang lebar tentang sekolahnya itu tentu sungguh berbeda dengan sekolah kebanyakan,sungguh unik kataku dalam hati.Timbullah niat nakalku untuk memintanya membuatkanku pakaian harimau.. ya.. pakaian harimau yang dulu saat terkenal menjadi penghias video clips trio kwek kwek..Trio penyanyi anak anak di masaku sobat..

Sungguh banyak cerita bersama beliau sobat,sungguh indah,fantastis dan spektakuler.Selama hidupku itulah cerita terindah yang pernah mewarnai hidupku.Sungguh aku menyesal sobat karena baru menyadari di negeri rantau ini,tidak ada kata terlambat untuk berbakti kepadanya.Ingin aku kembali membahagiakannya,kembali melihatnya berlinang air mata kebahagian,ingin lagi aku melihat beliau menceritakan keberhasilan itu kepada orang orang karena aku tahu beliau menceritakan kepada orang bukan untuk pamer sobat akan tetapi untuk mengekspresikan kebahagiaannya.

Sungguh sobat kembali aku teringat akan hal itu,saat perpisahan sma ku.Aku datang dengan motorku dan memegang sebuah piagam dan accessoris keberhasilan sebagai hadiah pelengkap piagam,datang seperti membawa medali emas untuk negara.Aku lihat ummiku menyusun barang dagangannya di warung,beliau keluar lalu aku cium tangannya dan kuperlihatkan piagam itu.sungguh Sobat tak pernah aku bayangkan hal ini,beliau memelukku dan menangis dan mengatakan "ternyata anakku pintar" dan berlari kecil menuju abahku menunjukkan kesuksesan pertama anaknya.Sungguh sobat aku merasa heran hubungan antara piagam itu dan kepintaranku apa yah.Aku beritahu rahasia isi piagam itu sobat,piagam itu adalah piagam siswa teladan angkatanku.Sungguh sobat aku rindu kepada ummiku dan tentunya abahku,semoga Allah melindunginya dan menerima doanya demi kesuksesan anaknya ini.

Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu
Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu
Lalu do'a-do'a baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas . . . . . . . . . . . . . . .
Ibu . . . . . . . . . . . . . ibu . . . . . . . . . . . . .




No comments:

Post a Comment